Cara agar mudah tidur di malam hari

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 


Nama : Amila Sholiha

Kelas : XI IPA 2

Sekolah : MAN Asahan



Pertama-tama puji dan syukur saya panjat kan atas kehadirat Allah Subhanahu wata'ala yang maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat-Nya saya dapat membuat blog ini dengan baik walau dalam kondisi homeschooling. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada ruh junjungan kita Nabi besar Muhammad Salallahu'alaihi wasallam. Semoga kita mendapat hidayah-Nya di akhirat kelak Aamiin ya rabbal alamin 

Dengan adanya saya membuat blog ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dimana kita menjadi tahu bagaimana cara meredakan insomnia. Saya menyadari masih banyak kekurangan pada blog saya maka dari itu saya berharap adanya kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar blog saya bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.


Sulit tidur merupakan fenomena yang sangat mengganggu bagi setiap orang terkhususnya kita sebagai pelajar.
Jika kita terlalu larut tidur dimalam hari, maka tubuh kita akan mudah lelah karena tidak mendapat istirahat yang cukup.
Sehingga kita bisa saja tertidur di dalam kelas dan dimarahi guru.
Sangat mengganggu bukan? Ilmu tidak masuk, dimarahi pula.

Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia, ada berbagai cara cepat tidur yang dapat dicoba tanpa harus mengonsumsi obat dari dokter, yaitu dengan cara-cara alami.
Berikut adalah 5 cara alami agar mudah tidur dimalam hari.


1. Mematikan peralatan elektronik



Bagi sebagian orang, melihat smartphone saat hendak tidur adalah hal yang biasa. Namun justru ini adalah salah satu pemicu sulit tidur. Kita di anjurkan untuk mematikan semua alat-alat elektronik, seperti smartphone dan TV, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Jika Anda terbangun di tengah malam, disarankan juga untuk tidak menyalakan ponsel, karena cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidur Anda terganggu.


2. Hindari konsumsi makanan atau minuman ini sebelum tidur

Mengonsumsi makanan dan minuman sesaat sebelum tidur sangat tidak di anjurkan dalam kesehatan. Selain karena dapat menimbulkan penumpukan dan pengendapan di dalam tubuh, juga dapat menjadi pemicu sulit tidur. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein serta tinggi lemak terlalu dekat dengan waktu tidur, karena hal ini akan membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk memecah lemak, sehingga membuat Anda lebih susah tidur.
Namun, jika sudah kelaparan disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan.


3. Tenangkan diri

Nah ini merupakan poin terpenting agar terhindar dari insomnia. Hindari terlalu banyak berfikir sebelum tidur. Karena semakin banyak berfikir kita akan semakin sulit tidur.


4. Memasang pengharum ruangan

Disarankan menggunakan pengharum ruangan yang beraroma lavender. Selain wanginya yang enak, aroma lavender juga bisa menenangkan syaraf dan membuat rileks. Studi tahun 2005 dari Wesleyan University mengatakan bahwa seseorang yang mencium aroma minyak lavender selama 2-3 menit bakal meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, mereka bisa bangun pagi dengan kondisi badan lebih segar.


5. Mandi air hangat 1 jam sebelum tidur.

Mandi dengan air hangat selain untuk mengeluarkan racun dalam tubuh ternyata juga dapat mengurangi insomnia. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh rileks. Selain itu, tubuh yang terkena air panas lalu terpapar suhu udara yang yang dingin bakal membuat anda merasa mengantuk.




Thanks to Allah & my parents

Thanks to pak M. Arifin

Comments

Popular posts from this blog

PENYAKIT AKIBAT POLA HIDUP TAK SEHAT

Manfaat buah durian untuk kesehatan dan kecantikan