Manfaat buah durian untuk kesehatan dan kecantikan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 


Nama : Amila Sholiha

Kelas : XI IPA 2

Sekolah : MAN Asahan



Pertama-tama puji dan syukur saya panjat kan atas kehadirat Allah Subhanahu wata'ala yang maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat-Nya saya dapat membuat blog ini dengan baik walau dalam kondisi homeschooling. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada ruh junjungan kita Nabi besar Muhammad Salallahu'alaihi wasallam. Semoga kita mendapat hidayah-Nya di akhirat kelak Aamiin ya rabbal alamin 

Dengan adanya saya membuat blog ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dimana kita menjadi tahu manfaat salah satu buah kegemaran kita. Saya menyadari masih banyak kekurangan pada blog saya maka dari itu saya berharap adanya kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar blog saya bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.




Manfaat buah durian ternyata cukup penting bagi kesehatan manusia. Dengan daging buah bertekstur krim serta bau yang tajam, buah ini banyak dinikmati di kawasan Asia. Durian memiliki banyak penggemar, tapi tak jarang orang menghindarinya karena baunya yang menyengat.

Buah yang dijuluki raja buah ini memiliki beragam nutrisi. Manfaat buah durian didapat dari kandungan vitamin dan mineral yang mengesankan. Manfaat buah durian dinilai dapat mencegah penyakit jantung, melawan infeksi, dan menurunkan gula darah.

Durian mengandung senyawa aromatik yang memberikan aroma yang kuat. Beberapa orang menikmati baunya, sementara yang lain membencinya. Bagi penggemar buah tropis ini, mengonsumsninya tak hanya memberi kepuasan, tapi juga bisa mengambil manfaat buah durian. Berikut manfaat buah durian bagi kesehatan

1. Sumber energi yang baik

100 gram buah ini memberikan sekitar 21% dari kebutuhan karbohidrat harian. Durian merupakan sumber karbohidrat yang kaya, sangat membantu dalam mengisi kembali tingkat energi. Karbohidrat bermanfaat untuk menyediakan energi untuk olahraga dan kegiatan sehari-hari. Durian cocok untuk cemilan sebelum berolahraga. Ini tinggi karbohidrat, yang memberikan pelepasan energi cepat untuk membuat Anda menjadi kuat selama berolahraga.

2. Bertindak sebagai anti-depresi alami

Durian secara alami kaya akan vitamin B6 yang penting untuk produksi serotonin. Kadar serotonin yang rendah dapat memicu depresi. Asupan durian disarankan untuk meningkatkan kadar serotonin agar dapat mengatasi depresi. Durian mengandung triptofan. Ketika triptofan memasuki otak itu akan dikonversi menjadi serotonin, yang menginduksi perasaan relaksasi dan kebahagiaan. Kelebihan serotonin kemudian melepaskan melatonin ke dalam aliran darah, yang menyebabkan tubuh lebih rileks.

3. Menguatkan tulang

Manfaat buah durian kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B. Kehadiran vitamin kalsium, kalium dan B dalam jumlah yang signifikan membuat buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Orang-orang yang tidak mengonsumsi kalsium yang cukup sebelum usia 20-25 memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena penyakit tulang rapuh atau osteoporosis di kemudian hari.

4. Mencegah penuaan

Manfaat buah durian selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Durian juga kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan. Hanya dengan dua biji durian, buahini sudah mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis.

5. Melancarkan pencernaan

Durian juga tinggi serat. Manfaat buah durian di sini dapat menjauhkan sembelit dan meningkatkan kekuatan pencernaan. Kehadiran thiamin dan niasin meningkatkan nafsu makan serta daya pencernaan.

6. Menstabilkan gula darah

Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Semakin kecil angka indeks glikemik, semakin sedikit dampak makanan pada gula darah. Durian juga mengandung mangan yang cukup untuk membantu dalam pengaturan dan pemeliharaan kadar gula darah.

7. Mempertahankan tingkat tekanan darah

Durian adalah sumber potasium yang baik yang diperlukan untuk menjaga kadar natrium tubuh tetap utuh. Asupan buah ini secara teratur dapat menangkal hipertensi dan kondisi medis terkait. Durian merupakan sumber kalium yang kaya, dan karena kalium adalah bagian integral dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh, kadar kalium juga menentukan tekanan darah.

8. Mencegah anemia

Durian mengandung sejumlah mineral yang berbeda, termasuk asam folat tingkat tinggi, yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah. Kekurangan folat dapat menurunkan jumlah sel darah merah yang dihasilkan. Durian adalah sumber folat yang baik bersama dengan tembaga dan besi. Oleh karena itu, pasien anemia dapat memanfaatkan kekuatan buah ini untuk mengatasi kondisinya.

9. Mencegah penyakit jantung

Serat dalam durian mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dengan membuang kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari tubuh. Kehadiran organosulfur membantunya untuk mengatur enzim inflamasi. Karena itu, durian juga berpotensi menjauhkan penyakit kardiovaskular seperti jantung. Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis.

10. Mengatasi Insomnia

Durian mengandung asam amino esensial triptofan. Triptofan diubah menjadi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur. Dalam sebuah studi penelitian dari jurnal peer-review Medicine, triptofan berpotensi membantu dalam mengurangi gangguan tidur jangka pendek.

11. Meningkatkan imunitas

Manfaat buah durian sangat membantu sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Sistem kekebalan melindungi tubuh dari pengaruh berbahaya dari lingkungan. Vitamin C sangat bagus untuk melawan penyakit seperti flu, merangsang penyembuhan luka, dan meningkatkan aliran darah. Kulit durian juga mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti-ragi.

12. Menyehatkan reproduksi

Penelitian mengungkapkan bahwa durian mengandung kadar estrogen yang tinggi. Kadar estrogen sangat penting bagi kesuburan wanita. Durian juga dapat meningkatkan libido dan stamina seksual.

   Selain bermanfaat bagi kesehatan, durian juga dapat bermanfaat untuk kecantikan lho
Berikut manfaat durian untuk kecantikan. 

13. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Manfaat yang pertama adalah dapat menghaluskan kulit. Sebagaimana kita ketahui, kulit adalah suatu hal yang harus diperhatikan kecantikannya.

Maka dari itu, merawat dan menjaganya harus diperhatikan dengan baik dan benar. Salah satu hal yang menjaga kulit agar tetap sehat adalah dengan menggunakan durian.

Dalam kandungan buah durian, banyak sekali khasiat. Buah ini menyimpan kandungan-kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Kandungan vitamin E dalam buah durian berfungsi menghaluskan kulit kasar yang belum terawat. Maka dari itu, Anda dapat menfaatkan buah durian ini sebagai vitamin penghalus kulit.

14. Mencerahkan Kulit

Manfaat durian untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mencerahkan kulit. Dan jika Anda ingin kulit cerah dengan menggunakan bahan yang alami, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan buah durian.
Karena di dalam buah durian memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat berguna untuk mencerahkan kulit Anda.

Maka dari itu, bila ingin membuat kulit Anda cerah secara alami dan sehat, cobalah menggunakan durian sebagai bahan pencerah kulit Anda.

15. Meregenerasi Kulit

Manfaat durian untuk kecantikan yang selanjutnya adalah meregenerasi kulit.Alasannya karena buah durian memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh, salah satu kandungannya ialah flavonoid.Flavonoid dapat membantu meregenerasi sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit anda baru dan dapat menjaga kelembapan dan kekencangan kulit Anda.
Cara menggunakannya adalah dengan mengambil daging kuning durian yang matang. Daging durian ini kemudian digunakan sebagai olesan untuk masker wajah yang dapat diaplikasikan atau dipakai sebelum tidur.

Anda dapat menggunakan masker daging durian ini 2 sampai 3 kali seminggu. Hal ini berguna sekali untuk menjaga kekencangan kulit Anda dan meregenerasi kulit Anda.

16. Mengatasi Noda Hitam pada Wajah
Selain untuk dimakan, daging buah durian memang bermacam-macam kegunaannya. Karena manfaat durian buat kecantikan diantaranya juga untuk mengatasi noda hitam pada wajah.

Cara menggunakan durian untuk mengatasi noda hitam adalah mengombinasikan dagng durian dengan 2 sendok madu untuk campuran sebagai masker pembersih noda hitam.

17. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Kandungan zat antioksidan yang ada pada daging buah durian dapat dimanfaatkan untuk membuat bakteri penyebab jerawat mati. Maka dari itu, kegunaanya untuk menghilangkan jerawat sangat penting.

Jika Anda ingin konsisten menggunakan buah durian sebagai perawatan kulit wajah, maka permasalahan Anda mengenai jerawat akan teratasi dan terselesaikan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara agar mudah tidur di malam hari

PENYAKIT AKIBAT POLA HIDUP TAK SEHAT